Berbagi cerita tentang Furusato Nouzei ふるさと納税 (pajak kampung halaman) di Jepang

Beberapa pekan lalu ikut kajian tentang berbagi pengalaman terkait Pajak di Jepang dan berbagai bentuk kemudahan dan variasi penyalurannya. Salah satu yang cukup menarik perhatian saya adalah tentang Furusato Nouzei (ふるさと納税) atau pembayaran pajak ke Kampung Halaman.

Furusato nozei adalah pengalihan sebagain pembayaran pajak oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan ke daerah-daerah dengan maksud untuk menggerakkan ekonomi di daerah yang memiliki hak otonomi di Jepang. Hal ini dikarenakan di daerah-daerah saat ini populasi orang tua-tua meningkat (bukan usia produktif pajak) sehingga pendapatan pajaknya menurun sedangkan di kota pendapatan pajaknya naik sehingga perlu diratakan dengan furusato nozei.

Kabarnya, Furusato nozei sudah berlaku cukup lama di Jepang, hanya saja mulai tahun 2016 ketika ada perubahan atauran dan administrasi, proses pengajuannya menjadi jauh lebih mudah. Banyak orang yang menggunakan furusato nozei. Salah satu yang menarik sehingga furusato nozei banyak diminati adalah adanya tanda terima kasih dari kota yang menerima pajak kita berupa barang-barang yang nilai pasarnya bisa cukup tinggi mencapai sekitar 30-40 persen bahkan ada yang sampai 50 persen dari donasi yang kita berikan.

Kemudahan aplikasi Furusato Nouzei semakin terbantu dengan fasilitas belanja online dari Rakuten.
Salah satunya bisa merujuk pada link berikut: https://event.rakuten.co.jp/furusato/

Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan minat dan kebutuhan kita. Nah, karena saya sangat suka mengkonsumsi buah Nashi (pear Jepang), pilihan saya jatuh pada salah satu kota yang menyediakan paket Furusato Nouzei seharga 10,000 Yen dengan hadiah berupa buah pear sekitar 5-6kg (kurang lebih 9 butir buah pear Jepang ukuran besar). Saya pun memberanikan diri untuk membeli paket tersebut secara online.

Sekitar 1 bulan kemudian, paket buah pear Jepang yang saya beli dari Rakuten Furusato Nouzei pun tiba di rumah. Ternyata di luar perkiraan, buah pear Jepang yang dikirimkan ukurannya besar-besar dan ranum. Terima kasih Furusato Nouzei!

Untuk referensi, silakan menyimak materi detail seputar Furusato Nouzei:

Slide Materi

Video

One response to this post.

  1. makasih nih infonya tentang jepang..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: