Beasiswa Yoneyama (utk program S2)

Seperti biasanya, hari ini ketika sedang bersiap berangkat ke kampus saya beres-beres kamar merapikan baju dan kaos yang telah kering setelah dijemur selama sekitar 4 hari. Menjemur cucian selama musim dingin memang butuh waktu yang cukup lama, karena cuaca di luar sangat dingin dan udaranya kering. Apalagi di daerah Kiryu ini, angin di luar bertiup sangat kencang dan dingin. Jadi, saya lebih cenderung menjemur pakaian di dalam ruangan saja.

Nah, ketika sedang asik melipat baju dan merapikan pakaian, tiba-tiba terdengar suara dering dari telepon genggam yang saya letakkan di atas meja komputer. Mulanya saya pikir itu telepon dari petugas Pos yang tiap pagi saya hubungi untuk mengangkut barang dagangan (online shop) saya. Tapi, ternyata telepon itu dari Fukuda-san, pegawai kampus yang bertugas untuk mengurusi keperluan mahasiswa asing di Universitas Gunma.

Satu kalimat yang membuat saya tersentak adalah, “Fahmi-san, Yoneyama Shougakukin goukakushimashita! Omedetou gozaimasu!” yang pada intinya beliau ingin menyampaikan berita bahwa saya lulus program beasiswa dari Yoneyama Memorial Foundation untuk melanjutkan studi ke jenjang S2.

“Allhamdulillaahh…”

Akhirnya penantian ini berujung hamdalah. ^_^ Sontak ketika telepon dari Fukuda-sensei ditutup, saya segera sujud syukur lalu mengabari orang tua di Jakarta. Perasaaan yang sama ketika lima tahun lalu saya ditelepon pihak Kedutaan Besar Jepang dan dinyatakan lulus program beasiswa Monbukagakusho. Allahurobbi, semoga ini jalan rezeki-MU yang terbaik.

Sebelumnya sempat khawatir dan sudah membuat beberapa alternatif lain kalau nanti nggak bisa dapat beasiswa untuk lanjut ke jenjang S2. Sudah ada sekitar empat aplikasi lamaran yang saya kirim untuk program beasiswa dari Heiwa Nakajima FoundationSatou International Scholarship Foundation, Itou Foundation, dan Iwatani Naoji Foundation. Tapi sepertinya masih belum rejeki, semua aplikasi lamaran saya ditolak. Dua pekan lalu, saya mendapati surat pernyataan tidak lulus untuk program Iwatani Naoji Foundation.

Satu hal yang membuat saya semakin mengerti bahwa rezeki, jodoh, maut dan ketetapan lainnya sudah diatur oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Ketika semua ikhtiar sudah dicoba dan doa telah dipinta, Allah pasti akan selalu memberikan yang terbaik walau kadang tidak semua keinginan kita berbanding lurus dengan keinginan Allah.

Nah melalui blog ini saya juga mau berbagi kepada rekan-rekan yang nantinya akan mengikuti tes wawancara beasiswa Yoneyama Memorial Foundation, saya akan coba merangkum beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan ketika final interview:

(dalam bahasa Jepang aja ya)

米山記念奨学金の面接試験で聞かれたこと:

– 簡単な自己紹介、自己アピール。

– 現在の大学で勉強したい理由。例:なぜ群馬大学に勉強したいのか?

– 現在自分が住んでいる地方を選んだ理由。例:なぜ群馬県を選んだのか?

– 研究計画書についていっぱい聞かれるので、しっかりと自分の研究内容を把握する必要がある。

– 将来の計画。仕事や研究など。将来は何をしたいのか?

– 米山奨学金について、米山奨学金の理念、どこから知っているかなど。米山奨学金のパンフレートやウェブサイトを見たほうが良い。

– 米山奨学金には、毎月のお金がお振込みのではなく、直接に手渡すので、毎月の例会に参加できるかどうか。

– 地元の国について聞かれる。

– など。

PS:ちなみに、毎月の奨学金の金額は14万円です。

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: